gif Owe-Apk

SILSILAH KELUARGA NABI MUHAMMAD S.A.W.

Siapakah Nabi Muhammad?
Muhammad (Arab:محمد) dalam bahasa Arab diterjemahkan sebagai “terpuji”) adalah seorang manusia yang diutus oleh Allah sebagai pembawa ajaran Islam (Rasulullah yang menyebarkan dan memperkenalkan agama Islam, penyempurna agama-agama samawi sebelumnya) sekaligus juga menjadi pemimpin keagamaan (seorang Nabi) yang memberikan tuntunan tentang ajaran Islam yg dibawanya (al-Qur`an dan Sunnah Rasul).

Biografi Sirah Kelahiran Nabi
Silsilah Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad bin Abdullāh (Arab: محمد بن عبد الله) adalah keturunan dari Abdullah Bani Hasyim (Bahasa Arab: بنو هاشم) adalah salah satu marga/klan dalam suku Quraish. Catatan ringkas silsilah dari garis bapak ke atas antara lain: Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr (Quraisy) bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzayma bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan (Sampai batas Adnan keturunan Sam bin Nuh ini saja yg telah disepakati oleh para ulama sejarah). Namun beberapa pendapat masih terhubung dengan garis keturunan bin Udad bin al-Muqawwam bin Nahur bin Tayrah bin Ya’rub bin Yasyjub bin Nabit bin Ismail bin Ibrahim bin Tarih (Azar) bin Nahur bin Saru’ bin Ra’u bin Falikh bin Aybir bin Syalikh bin Arfakhsyad bin Sam bin Nuh bin Lamikh bin Mutusyalikh bin Akhnukh bin Yarda bin Mahlil bin Qinan bin Yanish bin Syits bin Adam.

Adapun Silsilah singkat dari Ibu Nabi adalah Aminah binti Wahab (pemimpin Bani Zuhrah) bin Abdulmanaf bin Zuhrah bin Kilab. Sedangkan ibu Aminah adalah Barrah binti Abdul-Uzza bin Usman bin Abduddar bin Qushay.

Tentang Kelahiran dan Wafat Nabi Muhammad SAW
Menurut penelitian para ahli sejarah Islam menjelaskan bahwa terdapat beberapa pendapat tentang tanggal dan tahun kelahiran Nabi. Namun pendapat mayoritas mengatakan bahwa  Nabi Muhammad dilahirkan di Mekkah [مَكَةَ ]/[ مَكَهْ ] pada tanggal 12 Rabiul Awal pada malam Senin tahun 53 sebelum Hijrah atau bertepatan saat terjadinya peristiwa tahun gajah atau sekitar tanggal 20 April 570/ 571 masehi.

Adapun catatan ahli sirah Nabi tentang wafatnya Nabi Muhammad Shollallallahu `Alaihi Wasallam adalah pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 Hijrah atau bertepatan pada tanggal 8 Juni 632 di Madinah pada usia 63 tahun.

Pengakuan Orang Quraiys Masa Nabi
Sebelum masa kenabian, Muhammad mendapatkan dua julukan dari suku Quraisy (suku terbesar di Mekkah yang juga suku dari Muhammad) yaitu Al-Amiin yang artinya “orang yang dapat dipercaya” dan As-Saadiq yang artinya “yang benar”. Setelah masa kenabian para sahabatnya memanggilnya dengan gelar Rasul Allāh (رسول الله), kemudian menambahkan kalimat Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam (صلى الله عليه و سلم, yang berarti “semoga Allah memberi kebahagiaan dan keselamatan kepadanya”; sering disingkat “S.A.W” atau “SAW”) setelah namanya.

Muhammad juga mendapatkan julukan Abu al-Qasim yang berarti “bapak Qasim”, karena Muhammad pernah memiliki anak lelaki yang bernama Qasim, tetapi ia meninggal dunia sebelum mencapai usia dewasa.

Pengakuan Penulis Sejarah
Michael H. Hart (seorang penulis buku sangat laris yg berjudul 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah), menjelaskan dalam buku larisnya tersebut bahwa Nabi Muhammad sebagai tokoh nomor satu paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia.

Menurut Hart, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal spiritual maupun kemasyarakatan. Hart mencatat bahwa Muhammad mampu mengelola bangsa yang awalnya egoistis, barbar, terbelakang dan terpecah belah oleh sentimen kesukuan, menjadi bangsa yang maju dalam bidang ekonomi, kebudayaan dan kemiliteran dan bahkan sanggup mengalahkan pasukan Romawi yang saat itu merupakan kekuatan militer terdepan di dunia.

Pengakuan Umat Islam

Bersyahadat (Mempersaksikan) bahwa Nabi Muhammad adalah betul-betul utusan Allah (Rasulullah), menjadi penutup seluruh nabi dan tidak ada lagi nabi yg akan diutus setelah Nabi Muhammad SAW.

berikut gambar menurut keluarga besar nabi muhammad S.A.W.
Image result for silsilah nabi muhammad

Kilab bin Murrah---Fatimah binti Sad---Zuhrah bin Kilab---Qushai bin Kilab---Hubba binti Hulail
 Abdul Manaf bin Zuhrah--Abdul Manaf bin Qushai--Atikah binti Murrah--Wahb ibn `Abd Manaf
 Hasyim ibn Abdul Manaf--Salma binti Amr--Fatimah binti Amr--Abdul Mutallib
                                                                             (nenek muhammad)   (kakek muhammad)
Halah binti Wahab--Aminah--Abdullah--Abu Thalib --Az-Zubayr--Harith--Hamza--Thuwaybah
                            (ibu muhamad)  (ayah) (paman)   (bibi muhammad)
Halimah--Abbas--Abu Lahab--Muhammad--Khadijah--Abdullah bin `Abbas--Fatimah--Ali
                                          (nabi muhammad s.a.w.)
Qasim--Abdullah bin Muhammad--Zainab--Ruqayyah--Usman--Umm Kulthum--ZaydAli ibn Zainab
Umamah bint Zainab--Abd-Allah ibn Uthman--Rayhana--Usama ibn Zayd--Muhsin ibn Ali
Hasan ibn Ali--Husayn ibn Ali--Umm Kulthum bint Ali--Zaynab bint Ali--Safiyya--Abu Bakar
Sawda--Umar--Umm Salama--Juwayriya--Maymuna--Aisha--Zaynab--Hafsa--Zaynab
Umm Habiba--Maria al-Qibtiyya--Ibrahim


want games, applications, profiles, health, and much more. download now in --->RikowShare
                        thank                 you                   for                   your                  visit

0 Response to "SILSILAH KELUARGA NABI MUHAMMAD S.A.W."

Post a Comment